Friday, July 19, 2019

Cara ampuh usir semut yang masuk ke laptop

       long time no see nih, sebelumnya maaf ya.., saya baru sempat post lagi, karena kemarinan lagi ada kesibukan dunia nyata hehe.. ,langsung aja sesuai judul post ini, saya akan share terkait pengalaman saya beberapa hari yang lalu

      jadi, sore itu ketika saya nyalakan laptop, terlihat ada beberapa semut jalan-jalan mondar-
mandir di antara keyboard, lantas pemandangan ini langsung bikin saya panik, mana lagi laptop baru
usia 3 bulanan,, , dan terlintas di benak saya "kok bisa gini ya"??

lalu saya ingat tepat hari sebelumnya saya menaruh gelas teh(yang sebenarnya sudah kosong) sejengkal di samping laptop semalaman, gak nyangka ternyata bisa mengundang nginepnya koloni semut ini ke apartement elite

hal inilah yang jadi sebab datangnya kerumunan semut yang memang suka manis-manis itu

dan semut yang masuk atau bahkan sampai bersarang dalam laptop memang nggak bisa kita pandang sebelah mata karena berdampak antara lain : beberapa tombol di
keyboard bisa kehilangan fungsi, bila lebih parah sebagian hadware bisa tidak berfungsi, contohnya speaker atau jack audio

notebook lama saya sendiri, yakni asus a43s pernah kecolongan hingga beberapa tombolnya mati, well,, saya memang tidak tahu persis penyebabnya karena terakhir saya pakai tombol-tombol masih normal, namun 3 tahun berikutnya dipakai saudara yang suka kerja sambil ngemil.. daan tombol delete, home, f4 dll tidak berfungsi lagi

next, setelah saya cari ide dan info
akhirnya saya temukan cara membuat para semut ini buat emigrasi

       ini alat yang diperlukan :

1. Kamper

swallow naphtalene disk ball

2. Penyangga untuk bagian sisi kiri dan kanan laptop
bisa cooling pad, buku, komik, bahkan sampai wadah crayon dsbg
comics

NB : kalau penggunaan ember kecil atau tabung wadah wafer kurang recommended ya, karena ngurangi sirkulasi udara buat laptop
saya juga tidak pakai baygon atau hit elektrik karena mencegah asap dan debunya masuk ke rongga laptop

       berikut langkah-langkah untuk mengusir semut yang sudah masuk ke rongga laptop


4 butir kamper di bawah laptop
  1. nyalakan laptop, dan letakkan di permukaan yang rata, misal meja

  2. beri ruang di bawah laptop (lubang ventilasi) dengan cara memberi penyangga di bawah kanan dan kiri laptop, misalnya dengan buku

  3. taruh beberapa butir kamper di bawah laptopmu (aroma tidak disukai semut)

  4. [sebagai opsional bisa juga laptop sambil dipakai jalanin aplikasi atau game berat agar suhu laptop naik dan semut pun tambah nggak betah di dalam laptop]

hanya beberapa menit belasan atau bahkan puluhan semut keluar dan jatuh dari ventilasi udara laptop saya dan sudah 2 minggu tidak ada lagi semut yang masuk ke laptop
meskipun laptop ini tidak saya gunakan rutin tiap hari juga

+ dan sebagai tindakan preventif, agar tidak terulang lagi masuknya semut ke dalam laptop :

  • Hindari menaruh makanan atau minuman dekat laptop
  • pasang keyboard protector bila perlu
  • kita bisa taruh beberapa kamper di sekitar notebook kita atau menggarisi permukaan sekitar laptop kita dengan kapur barus
  • kalau dari saya sendiri, setelah memakai laptop, biasanya saya taruh dalam kain yang sudah disertakan dalam box pembeliannya

ok, itu dia sharing pengalaman dari saya
trimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana saya
semoga tips ini bermanfaat,, see ya

No comments:

Post a Comment