Wednesday, May 29, 2013

Tips Lengkap Cara Menangani Handphone yang Terkena Air

       Well, Memang gak semua Hp anti air dan bisa dibiarin aja nyemplung
ke air, gadget yang gak sengaja masuk ke dalam air masih bisa diperbaiki asal dapet pertolongan yang cepat, dulu saya punya hp nokia 5000d yang secara nggak sengaja jatuh ke dalem saluran air depan tempat les, yah alhamdulilah gak kenapa-napa, setelah saya lap pake tisu dan saya cabut batre dan simcardnya.

Kakak saya sendiri punya dua hp yang masing-masing pernah kena air,
yang pertama nokia c3 yang kecipratan air dan bikin whitescreen sementara tapi akhirnya bisa sembuh juga, dan yang kedua adalah hp samsung galaxy s advance, yang emang luar biasa setelah masuk ke dalam wc sekolahan, pernah jatuh keras juga, bisa juga diperbaiki dirumah tanpa pergi ke service center
Dan terakhir sepupu saya punya hp nokia 3120 classic, yang setelah 
tercebur air banjir yang agak kotor di jalan raya, layarnya masih bisa nyala padahal
saat itu di dalem air, dan setelah diangkat pun masih berfungsi dengan baik, tapi setelah dibawa ke rumah, langsung white screen tu hp, bahkan gak bisa dinonaktifin pake tombol power, habis itu beruntung banget hpnya udah bisa sembuh total besoknya menggunakan beberapa tips dibawah ini
Jadi kalo kamu punya hh android, hp nokia, blackberry (bb), iphone, ipad or gadget lainnya bisa pake tips dibawah ini

1. Saat hpmu masuk kedalem air jangan panik, langsung angkat dan keringin menggunakan lap, atau tisu

2. lepas softcase or hardcase jika ada, lalu lepas casing, cabut baterai, simcard, dan sdcard jika ada, nonaktifkan dulu jika bisa, dan jangan khawatir data hilang, karena pengalaman diatas gak ada yang kedapetan memori, atau data yang hilang, walau ada kemungkinan

3. Hp yang terkena air jangan dinyalakan dulu karena bisa berakibat hubungan singkat sistem lalu konslet

4. keringkan menggunakan hair dryer,blower, vacum cleaner, dsb jika ada

5. Cara ini termasuk paling simple dan recommended, masukkan ke dalam wadah/tempat yang berisi beras, lalu kubur disitu tinggal selama 1-2 hari, karena beras bersifat menyerap air

6. jika tidak ada beras atau ingin mendapatkan hasil terbaik, setelah step diatas masukkan dan timbun hp kamu didalam butiran silica gel[butiran penyerap uap air (desiccant)], yang biasanya bisa didapat didalam suplemen, obat-obatan, produk cni dll, dan bisa juga didapat di toko Ace hardware yg biasanya sudah ada di tempat belanja di kota-kota

7. Lepas Baut hp tersebut jika mempunyai obeng yang sesuai, karena air biasanya berkumpul di dalam handphone tsb, tiup dan keringkan bagian komponen-komponen, dan terutama di bagian icnya biasanya air masih bertahan dikaki-kakiknya

8. Bisa juga dijemur dibawah sinar matahari, tapi tidak disarankan karena bisa merusak layar, dan membuat komponen hp menjadi panas

Keberhasilan tergantung seberapa parah dan seberapa cepat hanphone dimatikan sesudah terkena air, Setelah melakukan cara-cara diatas semoga gadget mu bisa sembuh dan dapat digunakan dengan normal lagi

16 comments:

  1. Bang Hp Saya Habis Kena Air Hujan Terus Saya Chas Terus Mati Sendiri Bang
    Kalo Boleh Tau Apa Penyebab Nya Bang?

    ReplyDelete
  2. Maaf, sy baru sempat balas.
    Itu karrna konslet, trjd arus pendek, lebih baik alat elektronik yg kna air di bersihkan dulu baru dinyalakan agar aman

    ReplyDelete
  3. Awalnya g percaya, begitu iphone saya masuk kloset, saya coba tips yang persis sama diatas, taraaaaaa.....iphone normal tidak kurang suatu apapun lagi! amazing, padahal saya keburu ganti iphone lagi. Kmren waktu di kubur di beras, iphone beserta silica gel nya saya masukkan ke dalam stoking dan ikat lalu kubur di dalam beras selama seminggu. Agak ragu sebelumnya apa bisa "normal" lagi, ternyata hasilnya memuaskan. Silahkan di coba untuk teman teman yg gadget nya masuk air :P *apalagi iphone yg service nya restricted* Thankyu info nyaa min

    ReplyDelete
  4. bang abdul hp saya samsung galaxy SII. kemarin hp saya jatuh di kloset tp ga begitu parah terus saya lgsg buru2 lepas batrai simcard n saya jemur. Stelah hmpir 3 jam hp sya aktifkan dan hasilnya normal n baik2 aja. Hal ini bertahan sampai 5 hari. Wktu itu sy lg download app, ditengah2 download hp sy mati total gabisa hidup lagi. Trus lgsg sya bwa ke service ktanya hp saya konslet. Trus smpe skrg blm ada prkembangan. Gmana bang solusinya? apa hp yang konslet gabisa digunakan lagi? Apa harus ganti mesin? Tlg dibalas ya makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dengar penjelasan service centre terpercaya mbak :), jika hp ttp gak aktif coba cara di atas, :) . hp yg konslet bisa diperbaiki, dg di buka chasingnya dan dilap pke tisu, sblum air makin menyebar

      Delete
  5. Bang hp saya iphone 4, hp saya 2minggu yg lalu keujanan. Trus saya bawa ke service center cellebritz. Dan hasilnya dia tidak bisa menghidupkan hp nya karna mesinnya sudah kena air bang.dan saya mau tanya bang.jika hp yg sudah kerendam.air apa bisa hidup kembali pake saran di atas bang. Tapi sudah.dibongkar sama.service center cellebritz katanya mesinnya sudah kerendam Air sedangkan saya butuh hp itu krna data kerjaan.saya ada di situ semua.mohon bantuannya bang.....terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, semoga dapat yang terbaik

      Delete
    2. itu iphonya harusnya jangan lama lama didiamkan ,kalo anda bisa lgsung hari itu jga dibenarkan , tpi klo anda tdk bisa lgsung kasih ke service center, tman saya namanya abin , dia anak yg gila ,hpnya galaxy core dimasukin ke plastik abistu dimasukin ke air tidak kemasukan air ,tetapi karena embun sampai saat ini hp dia bisa hidup cuma tdk bisa di touch ,karena gak dibenerin ,trus icnya jamuran

      Delete
  6. Mohon ditanggapi ya bang keluhan saya
    Terima kasih babg

    ReplyDelete
  7. Bang iphone 6 dan ipod saya ketumpahan air manis kaya teh botol gitu, ipod nyala ga ada masalah tp iphone waktu dilap nyala trus tiba2 mati, saya coba cas ga mau, dikeringin sama hair dryer udah , dicoba ga mau, trus direndem air beras stgh hari, ga mau nyala, gmna ya bang, masih baru lagi hpnya hiks

    ReplyDelete
  8. gan hp aku baru saja jatuh dan coba saya aktifin lagi ternyata yang muncul tanda peringatan..
    baca selengkapnya

    ReplyDelete
  9. Hp sy kena air trus saya coba bisa hidup terus malah mati mati gitu,tapi juga masi bisa hidup. Kalo gitu perlu di bawa ke service apa didiemin

    ReplyDelete
  10. Kak abdul hp saya masuk ke dlam air waktu saya di kolam renang...saya lagi berenang membawa hp dan menggunakan waterproff tiba tiba waterproffnyaa itu kebuka dan airnya pun ikut masuk...dan saya ga sadar itu...ternyata hp saya sudah kecemplung air ber jam2 dan mati dan saya saat itu panik sekali...akhirnya saya pencet power on/off ..menurut web yg saya baca itu klo hp mati kena air ga blh langsung di nyalain kan?tapi saya panik jdi saya langsung nyalain..tapi ga bisa nyala...sudah di chas jg ganyala...lalu saya coba,karena hp saya dan kakak saya sama jdi saya coba taro batre hp saya ke batre hp kk saya dan batre saya di hp kk saya bsa nyala..saya sudah merendam di beras selama 15 jam tapi ko ga bsa nyala nyala

    ReplyDelete
  11. Kk klO hp aku dia ada layar hitam dilayarnya lcd tp hitamnya ga banyak layarnya kaa . Itu gmn ya tipsnua hilangin ?

    ReplyDelete