Thursday, May 16, 2013

Tips memilih laptop atau Notebook untuk GAMING

Fungsi laptop selain buat kerja, juga bisa buat hiburan dengan cara
mengisinya dengan game-game sesuai seleramu, selera gamer.
Spek notebook saya sendiri adalah memory 4 gb, HDD 750gb, USB 3.0, procie i5 quad-core (turbo up to 3,1 GHz), vga nvidia geforce GT 630m 3 Gb

Tapi semakin besar HDD/storage maka performa akan menurun, misalnya saja
sony xperia dual-core vs samsung s3 64 gb, tentu saja SX mungkin di benchmark bisa mendekati Samsung S3.
dan tentu saja PC tetap yang terbaik kalau urusan Gaming
Untuk laptop dengan performa gaming terbaik saat ini adalah alienware m17x R4
Dan Laptop termahal di 2013 adalah Eurocom Scorpious 5297$ atau sekitar 55 juta rupiah
untuk melihat 10 Best Gaming Laptops lihat disini

buat agan-agan yang mau beli laptop atau notebook cocok nih baca post ini terlebih dulu, tapi perlu diketahui 


saat memilih Laptop Gaming hal pertama kali yang harus kamu pertimbangkan adalah Tipikal "Gamer" kamu dan Budget yang kamu sediakan. Mengapa? Sekarang buat apa kamu membeli Laptop Gaming seharga 15 juta jika kamu hanya bermain Angry bird? Konyol bukan? Nah untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa Tips & Trik memilih Laptop Gaming Terbaik sesuai dengan Budget :
 


  • Tentukan Tipikal Gamer Kamu
Dalam dunia game hal yang sering kali dipertimbangkan adalah Grafis karena inilah yang sering kali membuat orang tertantang dan ingin melihat keindahan game itu sendiri, namun tidak semua orang seperti itu. Cukup banyak juga orang yang lebih mengutamakan permainan dibandingkan dengan grafis, asalkan bisa dilihat dengan jelas mereka sudah puas. Nah inilah yang dimaksud dengan Tipikal Gamer itu. Ada 3 jenis Tipikal Gamer pada umumnya yaitu Gamer Entry, Gamer Mainstream, dan Gamer Enthusiast.

Gamer Entry
Adalah seorang gamer yang lebih mementingkan sistem permainan dan tidak terlalu mempermasalahkan grafis selama permainan tersebut masih dapat dilihat dengan jelas dan tidak nge-bug. Jika kamu termasuk jenis gamer ini maka budget yang kamu butuhkan cukup rendah yaitu berkisar antara Rp. 3,5 - 5juta saja. Beberapa contoh game yang masuk dalam daftar Gamer Entry adalah Angry Bird, Age Of Empires, Devil May Cry, Pro Evolution Soccer, FIFA dan masih banyak lagi.

Gamer Mainstream
Adalah seorang gamer yang cukup memperdulikan permainan namun juga ingin mencicipi kenikmatan grafis yang bagus untuk dilihat. Jika kamu termasuk jenis gamer ini maka budget yang kamu butuhkan berkisar antara Rp. 5 - 8juta. Beberapa contoh game yang masuk dalam daftar Gamer Mainstream adalah Pro Evolution Soccer, FIFA, Far Cry 2, Devil May Cry 4, Darksiders, Gears of War, Dead Space 1 dan 2, Batman Arkham Asylum, Assassin Creed Series, Just Cause 2 dan masih banyak lagi.

Gamer Enthusiast
Adalah tingkatan gamer tertinggi dimana gamer ini sangat mengutamakan penampilan grafis yang sangat maksimal dan menomor duakan permainan. Dengan kata lain, dia tidak akan bisa bermain dengan nyaman jika grafis yang ditampilkan hanya stkamur / mainstream saja. Jika kamu termasuk jenis gamer ini maka budget yang kamu butuhkan cukup tinggi yaitu Rp. 10juta ke atas. Beberapa contoh game yang masuk dalam daftar Gamer Enthusiast adalah Crysis Series, Far Cry 3, Assassin Creed 3, Batman Arkham City, Metro 2033, dan masih banyak lagi.

  • Cari Laptop Gaming dengan Sistem Pendinginan yang Bagus
Laptop Gaming sebenarnya tetaplah Laptop biasa jika kamu hanya memilih Laptop dengan spesifikasi tinggi namun memiliki pendingin yang cukup buruk. Ya, mungkin hanya sekitar 1 tahun kamu menggunakannya (atau bahkan kurang), Laptop kamu akan jebol akibat hardware yang kepanasan dan meleleh. Sistem Pendingin yang bagus merupakan hal yang sangat vital jika kamu ingin Laptop Gaming kamu awet. Ciri khas utama sebuah Laptop Gaming memiliki Sistem Pendingin yang bagus bisa dilihat dari ukuran Laptop tersebut yang cenderung besar dan tebal disertai beberapa lubang kipas (biasanya Laptop seperti ini hanya ada pada kisaran Gamer Mainstream dan Gamer Enthusiast)
bisa diakali dengan menggunakan cooling pad, atau pilih laptop dengan IceCool

  • Cari Laptop Gaming yang bisa di Upgrade
Kamu mau Laptop kamu bisa tetap mengikuti game-game di masa depan? maka kamu harus memperhatikan dengan baik Tips & Trik memilih Laptop Gaming Terbaik sesuai dengan Budget yang satu ini. Laptop yang bisa di Upgrade memungkinkan kamu bisa mengganti beberapa hardware penting di dalamnya eperti Procesor, Hardisk, Chipset, Kartu Grafis / VGA, sampai dengan Memory. Jadi sebelum kamu membeli kamu harus menanyakannya terlebih dahulu apakah Laptop kamu bisa di Upgrade ataukah tidak. Laptop seperti ini sudah mulai banyak tersedia dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau (Gamer Entry di level 4 - 5juta kemungkinan sudah bisa merasakannya).

  • Tentukan Spesifikasinya yang mampu bekerja Maksimal dan tidak Bottle Neck
Memilih spesifikasi Laptop Gaming bukan hal yang sembarangan bisa kamu pilih dengan melihat Prosesor dan VGA saja. Pertimbangkan juga di Memory dan cek saat booting Windows untuk melihat kecepatannya. Lebih baik kamu memilih spesifikasi Procesor Core i3, Memory RAM 4GB dan VGA NVidia GT 325M, daripada kamu memilih Procesor Core i5, Memory RAM 2GB dan VGA NVidia GT 325M tapi perlu diingat bahwa ram laptop tentunya bisa km tambah ukurannya

Sumber :

Themaniax.blogspot
PCmag
my Experience

1 comment: